Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini

Lastri Khasanah

Sari


Early childhood is a time of character and personality building. It is very important to instill religious values when children are easy to accept or respond to something through expressions, speech, five senses, and even experiences. The development of religion in early childhood occurs through life experiences that are acquired since childhood both in the family, in the school environment, and in the community. Children begin to know God through the words and actions of those around them. Important Islamic values are instilled in early childhood in the form of faith values, worship values, and moral values. While the methods can be applied in the internalization of Islamic values include exemplary methods, habituation methods, story methods, and field trips.


Kata Kunci


Internalization, Values, Education, Islam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmadi, Asmoro. 2004. Filsafat dan Kebudayaan Jawa, Upaya Membangun Keselarasan Islam dan Budaya Jawa. Surakarta: CV Cendrawasih.

Al- Rasyidin dan Samsul Rizal. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Baharudin. 2010. Pendidikan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Depdiknas, 2008. Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2008. Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Darajat, Zakiyah. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

----------------------. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Faisal, Yusuf Amir. 2005. Reorientasi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Gema Insani Pers.

Hanipudin, Sarno. 2009. Konsepsi Guru Modern Dalam Pendidikan Islam. Dalam Jurnal Al-Munqidz: Jurnal Kajian dan Keislaman. Vol 8 (No.3) 2020. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/amk/article/view/265

Hanipudin, S., & Meilawati, R. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI PADA RUMAH SINGGAH IBNU KHOLDUN MAJENANG). Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 7(2), 69-80. doi: http://dx.doi.org/10.21580/wa.v7i2.6569

Hasan, Maimunah. 2009. PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini Panduan Lengkap Manajemen Pendidikan Mutu Anak Untuk Para Guru dan Orang Tua. Yogyakarta: Diva Press.

Jalaluddin. 2001. Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Jawas, Yazid bin Abdul Qadir. 2004. Syarah Aqidah Ahlus Sunnah WalJama‟ah. Semarang: Pustaka Imam asy-Syafi‟i.

Madjid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahfud, Rois. 2011. Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga.

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasirudin. 2010. Pendidikan Tasawuf. Semarang: Rasail Media Group.

Qardlawi, Yusuf. 2003. Merasakan Kehadiran Tuhan, terj. Jaziratul Islamiyah. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Raharjo. 2012. Pengantar Ilmu Jiwa Agama. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Suryana, Dadan. 2020. Dasar-dasar Pendidikan TK, Modul.

Thoha, Chabib. 2000. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyudi dkk. 2005. Program Pendidikan Untuk Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Gramedia.

Yusuf, Syamsu. 2020. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Zuhairini dkk. 1993. Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramadhani.




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v2i1.53

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.