Pengaruh Harga dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim di Tokopedia Salam

Putri Pratiwi Sutrisna, Nur Huri Mustofa

Sari


Tokopedia salam adalah marketplace pertama di Indonesia yang khusus menjual produk halal, fesyen muslim dan pelayanan jasa yang berhubungan dengan pemeluk agama Islam. Fitur ini dikeluarkan oleh Tokopedia sejak tahun 2019 dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat muslim dalam rangka pemenuhan kebutuhan harian mereka tanpa rasa takut kalau produk atau jasa yang dibeli memiliki kandungan yang diharamkan dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim di Tokopedia Salam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Tokopedia Salam di Jawa Tengah dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini meliputi uji instrumen yakni uji validitas dan reliabiitas, uji asumsi klasik yakni uji normalitas, multikolinieritas beserta heteroskedastisitas, dan uji statistik yakni uji validitas pengaruh (t), uji kecocokan model (f) beserta uji koefisien determinasi (R2) yang diolah dengan alat bantu berupa SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t harga dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, harga dan kemudahan penggunaan juga memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci: Harga, Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, A. N., Kabib, N., & Khofifah, F. (2021). The Interest of The Millenial Generation to Invest in The Sharia Market Through Fintech Technology. Islamic Accounting Journal, 1(1), 39–49.

Ansofino, & Dkk. (2016). Ekonometrika. Deepublish.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, 3(2012), 52. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.24

Bayu Sudrajat, A. F. (2021). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP JUMLAH . El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, 38.

Budidharmanto, L. P., Kaihatu, T. S., & Dutha, i D. G. S. W. D. (2019). Millenials Mind of Tourism The Book of Tourism Research. CV. Jakad Media Publishing.

Febry, T., & Teofilus. (2020). SPSS Aplikasi pada Penelitian Manajemen Bisnis. Media Sains Indonesia.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.

Hanafi, A. (2020). Analisis model bisnis e-commerce c2c di tokopedia salam dalam perspektif ekonomi syariah. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3031/

Hayati, N. R., & Sambas, I. G. P. M. R. U. B. dan M. (2006). Modul Praktikum Metode Riset Untuk Bisnis dan Manajemen. Universitas Widyatama.

Iqbal, M. (2021). Bukan Shopee, Ini Juara Marketplace RI di Kuartal I/2021. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210421232912-37-239796/bukan-shopee-ini-juara-marketplace-ri-di-kuartal-i-2021

Jannah, A. L. (2021). Tokopedia dan Shoppe Jadi Marketplace yang Paling Banyak Dikunjungi. Radarbangsa.com. https://www.radarbangsa.com/ekobis/30291/tokopedia-dan-shoppe-jadi-marketplace-yang-paling-banyak-dikunjungi

Mustofa, N. H., & Wati, W. W. (2021). Analisis Pengaruh Memutuskan Menabung dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi. el-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 56–68. https://doi.org/10.24090/ej.v9i1.4813

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Permana, W., Astuti, E. S., & Suryadi, I. (2012). Layanan Perpustakaan via Mobile Data. UB Press.

Purwoto, A. (2017). Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Grasindo.

Romindon, & Dkk. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/E_Commerce_Implementasi_Strategi_dan_Ino/PirGDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=e-commerce&printsec=frontcover

Sabri, & Susanti, M. (2021). Kewirausahaan Pemanfaatan Limbah Pelepah Kelapa Sawit Dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Desa. Media Sains Indonesia.

Wibowo, B., & Heryjanto, A. (2020). Pengaruh Kredibilitas Influencer, Nominal Harga, Dan Media Sosial Terhadap Minat Pembelian Dengan Mediasi Citra Merek Di Tokopedia. Journal of Business and Applied Management, 13(1), 83–101.




DOI: https://doi.org/10.57210/j-ebi.v2i1.167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

 

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.