PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, SOCIAL INFLUENCE, KEMUDAHAN, DAN KEMANFAATAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY SHOPEEPAY
Sari
Penelitian ini menguji pengaruh dari faktor literasi keuangan syariah, social influence, kemudahan dan kemanfaatan terhadap minat penggunaan e-money Shopeepay. Dengan adanya kemajuan teknologi kini masyarakat mudah bertransaksi hanya menggunakan smartphone begitu juga dengan pembayaran elektronik seperti e-money. Dalam penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah generasi Z muslim yang menggunakan e-money ShopeePay sebanyak 96 responden yang dihitung menggunakan rumus rao purba. Teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan e-money ShopeePay diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,259 > 1,6617 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,026 < 0,05). Social Influence berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan e-money ShopeePay diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,218 > 1,6617 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,029 < 0,05). Kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan e-money ShopeePay diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,426 > 1,6617 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,017 < 0,05). Dan kemanfaatan juga berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan e-money ShopeePay diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,029 > 1,6617 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,045 < 0,05).
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abiba, R. W., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) Berbasis Server Sebagai Alat Transaksi terhadap Penciptaan Gerakan Less Cash Society Pada Generasi Milenial di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 196–206. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n1.p196-206
Aditya, T., & Mahyuni, L. P. (2022). Volume . 24 Issue 2 ( 2022 ) Pages 245-258 FORUM EKONOMI : Jurnal Ekonomi , Manajemen dan Akuntansi ISSN : 1411-1713 ( Print ) 2528-150X ( Online ) Pengaruh literasi keuangan , persepsi kemudahan , manfaat , keamanan dan pengaruh sosial terhadap minat pen. 2(2), 245–258. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i2.10330
Arifiyanto, M., & Kholidah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik berbasis server. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3), 697–706. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31390
Astuti, R. D., Wahyuni, S., Rusmini, Supaya, S., & Purnamasari, E. (2020). Pengaruh Nilai Manfaat, Nilai Kemudahan, Dan Risiko, Terhadap Perilaku Menggunakan Uang Elektronik (E- Money) (Studi Kasus Pada Civitas Akademika Jurusan Adminitrasi Bisnis Polines). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 465, 106–111.
Azizah, N. (2023). E-Wallet Jadi Metode Pembayaran Paling Banyak Digunakan Gen Z. Republika.CO.ID. https://ekonomi.republika.co.id/berita/s1ea93463/ewallet-jadi-metode- pembayaran-paling-banyak-digunakan-gen-z
Badan, P. S. (2020). Jumlah Penduduk menurut Wilayah, Klasifikasi Generasi, dan Jenis Kelamin, INDONESIA, Tahun 2020. Badan Pusat Statistik. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2/0/0
Chrisna, H., Hernawaty, & Noviani. (2023). Literasi Keuangan Syariah (D. Winarni (ed.)).
CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Darmawan, E. S., & Mulyawan, A. (2023). ShopeePay Raih Predikat Excellent di Ajang ICSQ Award 2023. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2023/06/05/173157826/shopeepay-raih- predikat-excellent-di-ajang-icsq-award-2023?page=all
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276–295.
Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66.
https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293
Saputri, C. N., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan , Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay. Journal of Management & Business, 5(1), 153–163. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1522
Satyadharma, K. G., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Faktor Price Value, Social Influence, Hedonic Motivation, Trust, Ease of Use Penggunaan Layanan Mobile Payment (Studi pada pengguna aplikasi ShopeePay Mahasiswa di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Setiawan, I. M. J., Ardika, W., Agus, I. K., Sumaryawan, Kusuma, I. N., & Mahaputra, A. (2022). ANALISIS TINGKAT LITERASI DIGITAL GENERASI Z DI ERA SOCIETY 5.0 DI DENPASAR DALAM MENANGGULANGI PENYEBARAN BERITA HOAKS. Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 92–120.
Tahar, A., Riyadh, H. A., Sofyani, H., & Purnomo, W. E. (2020). Perceived Ease of Use , Perceived Usefulness , Perceived Security and Intention to Use E-Filing : The Role of Technology Readiness *. 7(9), 537–547. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no9.537
Veronica, V., & Rodhiah, R. (2021). Pengaruh Privacy, Social Influence Terhadap Online Purchase
Intention: Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 235. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.9657
DOI: https://doi.org/10.57210/j-ebi.v3i02.326
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
PUBLISHED BY :
Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang
Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562
INDEXED BY :
LICENSE POLICY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.