PENGARUH MOTIVASI, MANFAAT DAN EDUKASI PASAR MODAL SYARIAH TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA FEBI IAIN KUDUS
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi, manfaat, dan edukasi pasar modal syariah terhadap peningkatan minat berinvestasi mahasiswa IAIN Kudus khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2018 yang telah mendapatkan mata kuliah Pasar Modal Syariah yaitu terdiri dari mahasiswa prodi Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, dan Perbankan Syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 responden dengan teknik random sampling. Hasil dari penelitian berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 21,2% yang berarti sisanya masih dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa F hitung > F tabel atau 8,270 > 2,72 yang berarti variabel motivasi, manfaat, dan edukasi berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat berinvestasi. Berdasarkan hasil Uji T nilai sig motivasi sebesar 0,04 < 0,05 dan t hitung 0,2926 > 1,99085 yang berarti motivasi berpengaruh terhadap minat investasi, nilai sig manfaat sebesar 0,66 > 0,05 dan t hitung sebesar 1,863 < 1,99085 yang berarti manfaat tidak berpengaruh terhadap minat investasi, dan nilai sig edukasi sebesar 0,278 > 0,05 dan t hitung sebesar 1,092 < 1,99085 yang berarti edukasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi.
Kata Kunci: Motivasi; manfaat; edukasi; minat investasi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Amhalmad, Iqtal dan Agus Irianto. 2019. “Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”. Jurnal EcoGen Volume 2 No.4.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktiek Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaifullah, Muhammad. dkk. 2019, “Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah”, AL-MASHRAFIYAH: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah Volume 3 No. 2.
Muhyiddin, Nurlina T. dkk. 2018. Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial. Jakarta: Salemba Empat.
Ovan dan Andika Saputra. 2020. CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Shofiatul Adiba Oktavia, dkk. 2020, “Pengaruh Edukasi, Manfaat, Rekomendasi Pasar Modal Syariah Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa FEBI IAIN Kudus”, Jurnal Perbankan dan Keuangan Volume 1 No. 2.
Zulchayra, Zahra dkk. 2020. “Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Mahasiswa di Banda Aceh)". JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finace Volume 2 No.2.
Umar, Ahmad Ulil Albab Al dan Saifudin Zuhri. 2019. “Pengaruh Manfaat, Pengetahuan, dan Edukasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi kasus pada mahasiswa IAIN Salatiga)”, Li Falah – Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 4 No.1.
Yunia, Putri Sheilla. dkk. 2020. “Motivasi, Pengetahuan, Preferensi Resiko Investasi, dan Minat Investasi Saham di Pasar Modal Syariah pada Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan”, Finansha – Journal of Sharia Financial Managemen Volume 1 No. 2.
Yuliati Rosa, dkk. 2020. “Pengaruh Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi, Pengetahuan Investasi, dan Return Investasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal”, EJRA Vol. 9 No.3.
DOI: https://doi.org/10.57210/j-ebi.v1i02.61
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
PUBLISHED BY :
Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang
Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562
INDEXED BY :
LICENSE POLICY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.