Implementasi Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap Kualitas Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas XI di MA Simbang Kulon Pekalongan

Fatihah Nur Rohmah, Rofiqotul Aini

Sari


ABSTRAKMetode ceramah merupakan metode yang dilakukan guru untuk menyampaikan materipembelajaran kepada peserta didik dengan jalur satu arah yaitu guru sebagai sentral dari prosespembelajaran yang dilakukan. Meskipun banyak yang berasumsi bahwa metode ceramah begitumembosankan, membuat efek ngantuk bagi peserta didik, metode konvensional (kuno) danasumsi lainnya yang cenderung kurang efektif. Fakta yang terjadi mendorong penulis untukmelakukan penelitian terhadap MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan yang menerapkanmetode ceramah namun dikolaborasikan dengan tanya jawab. Berdasarkan hal tersebut, penulisbermaksud menjabarkan secara komprehensif implementasi metode ceramah dan tanya jawabterhadap efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAS Simbang Kulon Pekalongan.Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatankualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MASSimbang Kulon dan segenap siswi kelas XI MAS Simbang Kulon Pekalongan. Berkaitandengan teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dandokumentasi. Teknik analisis data memakai model interaktif dan keabsahan data menggunakantriangulasi.Berdasarkan hasil penelitian mengindikasikan bahwa implementasi metode ceramah dantanya jawab pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAS Simbang Kulon Pekalonganmasih efektif diterapkan mengingat para siswa juga diajak untuk turut aktif dalammenyampaikan pendapatnya . Model tanya jawab antar guru dengan murid berjalan dengan baik dan memberikan ruang keharmonisan dalam proses pembelajaran. Hal lain di dalam penelitianditemukan adanya faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran akidahakhlak pada kelas XI MAS Simbang Kulon Pekalongan. Berdasarkan adanya kedua faktortersebut menjadikan tantangan bagi pendidik dalam mengajarkan dan menggunakan metodeceramah serta tanya jawab.Kata Kunci: Implementasi , Metode Ceramah dan Tanya Jawab, Efektivitas , AkidahAkhlak

Kata Kunci


Implementasi , Metode Ceramah dan Tanya Jawab, Efektivitas , Akidah Akhlak

Referensi


Arief Armai. 2002. Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Dhofier, Ahmad.2018. Kumpulan Potret Kehidupan, Jakarta: PT Gramedia Jakarta.

Moleong Lexy.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : PT . Remaja Rosdakarya.

Majid Abdul. 2017.Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sagala Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika

Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfaveta.

Sanjaya Wina.2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Media Group.

Syaodih Nana S dan Ibrahim. 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zain Aswan dan Djamarah Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka

Cipta

Majid Abdul. 2017.Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v4i2.158

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

 

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.