MODEL TRADISI KEILMUAN DAN PENGEMBANGAN LITERASI SANTRI DI PESANTREN KARANGGEDANG, CILACAP, JAWA TENGAH
Sari
Keilmuan dan literasi pesantren merupakan tradisi agung yang mengakar kuat dan membawa dampak signifikan bagi ilmu pengetahuan di Indonesia. Tradisi yang disebut sebagai warisan Wali Songo ini terus berlanjut hingga kini. Pondok Pesantren Al-Muwahidin, Dusun Karanggedang, Desa Salebu, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Pesantren Karanggedang), merupakan salah satu pesantren yang masih menjalankan tradisi keilmuan tersebut yang akhirnya mengembangkan literasi para santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap model tradisi keilmuan yang ada di Pesantren Karanggedang dalam pengembangan literasi santri. Pendekatan studi kasus akan digunakan dalam penelitian ini. Tahapan kegiatan penelitiannya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengumpulan data akan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Jurjani, Ali I.M. (1983). Al Ta'rifat (the definitions). Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.
Azra, A. (2017). Surau: pendidikan Islam tradisional dalam transisi dan modernisasi. Prenada Media Group.
Barnadib, I. (1990). Filsafat pendidikan: sistem dan metode. Yayasan Penerbit IKIP Yogyakarta.
Baso, A. (2012). Pesantren Studies 2a, buku kedua: kosmopolitanisme peradaban Kaum santri di masa kolonial, juz kedua: dunia tulis-menulis dan kesastraan pesantren serta jejaring teks-teks aswaja-keindonesiaan dari era Wali Songo ke abad 19. Pustaka Afid.
Bruinessen, M. van. (2020). Kitab kuning, pesantren, dan tarekat. Gading Publishing.
Busthomy MZ, A., & Muhid, A. (2020). Method of learning perspective of Alala Tanalul ‘Ilma by Imam Al-Jarnuzi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 146-163. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6237.
Chijs, J.A. van der. (1864). Bijdragen tot de geschiedenis van het inlandsch onderwijs in Nederlandsch-Indie: aan officiele bronnen ontleend. Dalam W. Stortenbeker Jr (Ed.), Tijdschrift Indische taal-, land- en volkenkunde, deel XIV. Lange & Co., & Martinus Nijhoff.
Dhofier, Z. (1982). Tradisi pesantren: studi tentang pandangan hidup kyai. LP3ES.
Graaf, H.J. de., & Pigeaud, Theodore G. Th. (1974). De eerste moslimse vorstendommen op Java: Studiën over de staatkundige geschiedenis van de 15de en 16de eeuw. Martinus Nijhoff.
Halimi, S. (2008). Etika dakwah dalam perspektif Al-Qur'an antara idelitas Qur'ani dan realitas sosial. Walisongo Press.
Halimi, S. (2008). Pergeseran etika dakwah dalam transformasi sosial modern. Jurnal Ilmu Dakwah, 1.
Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial: pendekatan kualitatif dan kuantitatif (Edisi kedua). Erlangga.
Kurniawan, Choirul A. (2014). Motivasi belajar menurut al-Jarnuzi: analisis teks motivasi belajar dalam kitab Alala. [Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Electronic Theses. http://etheses.uin-malang.ac.id/774/
Malik, Hatta A. (2015). Dai sebagai ulama pewaris para nabi. Jurnal Komunika, 9(1), 18-34.
Moesa, Ali M. (2007). Nasionlisme kyai: konstruksi sosial berbasis agama. LKiS dan IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Nafi, M. Dian, et al. (2007). Praksis pembelajaran pesantren. LKiS.
Ornstein, Allan C., & Hunkins, Francis P. (2018). Curriculum: foundations, principles, and issues (7th Edition). Pearson.
Pigeaud, Theodore. G. Th. (1970). Literature of Java: catalogue raisonné of Javanese manuscripts in the Library of the University of Leiden and other public collections in the Netherlands, Vol. III: illustrations and facsimiles of manuscripts, maps, addenda and a general index of names and subjects. Martinus Nijhoff.
Saebani, Beni A., & Hamid, A. (2010). Ilmu akhlak. Pustaka Pelajar.
Shihab, Muhammad Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an: tafsir Maudhi'i atas pelbagai persoalan umat. Mizan.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Vardiansyah, D. (2008). Filsafat ilmu komunikasi: suatu pengantar. Indeks.
Wahid, K.H. Abdurrahman. (2001). Menggerakkan tradisi: esai-esai pesantren. LKiS.
Yunus, M. (2009). Kamus Arab-Indonesia. Muhammad Yunus Wa Dzurriyah.
Zuhairini, et al. (1992). Sejarah pendidikan Islam. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.57210/trq.v2i02.152
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
PUBLISHED BY :
Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang
Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562
INDEXED BY :
LICENSE POLICY :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.