Nilai pendidikan dalam rangkaian tradisi haul Sayyid Muhammad Al Maliki Di Pondok Pesantren Al-khairaat

Sendi Saputra

Sari


Abstrak
Tradisi keagamaan seperti haul yang sering dilaksanakan di pondok pesantren sering kali mendapatkan label bid’ah dan tasyabuh orang kafir dari sebagian kelompok umat Islam. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap agama, dimana para ulama telah membagi bid’ah menjadi dua yaitu mahmudah (terpuji) dan madzmummah (tercela). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja rangkaian kegiatan serta menjelaskan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi haul Sayyid Muhammad Al-Maliki di pondok pesantren Al-Khairaat Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara dengan para informan yang berhubungan dengan tradisi haul Sayyid Muhammad Al-Maliki di pondok pesantren Al-Khairaat Bekasi, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi haul Sayyid Muhammad Al-Maliki memiliki rangkaian kegiatan, antara lain ; khatmul qur’an, pembacaan tahlil, melantunkan syair pujian dan shalawat atas Nabi Muhammad saw, pembacaan manaqib Sayyid Muhammad Al-Maliki, ceramah agama, buka puasa bersama, shalat magrib berjama’ah, shalat isya, dan tarawih berjama’ah, serta haflah akhirussanah. Sedangkan nilai pendidikan yang terdapat dalam rangkaian tradisi haul Sayyid Muhammad Al-Maliki di pondok pesantren Al-Khairaat Bekasi yaitu ; nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan estetika, nilai pendidikan budaya, nilai pendidikan diri pribadi.

Kata kunci: Nilai Pendidikan, Tradisi Haul, Pondok Pesantren Al-Khairaat Bekasi


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.57210/trq.v4i01.281

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

 

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.