PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP SISTEM JUAL-BELI DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus pada Pasar Caplek di Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah)
Sari
Etika bisnis dalam jual beli hal yang harus di utamakan, dan jual beli tidak bisa lepas etika bisnis, penelitian-penelitian terdahulu banyak menunjukan hubungan yang positif antara etika bisnis dengan kesuksesan perdagangan, semakin besarnya kesadaran pedagagn dalam beretika dalam berbisnis menetukan pentingnya keterkaitan faktor-faktor etika dalam bisnis, penelitian ini menganalisi berapa besar pengaruh etika bisnis islam dalam jual beli di Pasar Caplek Majenang
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu dengan metode kuantitatif yang menggunakan pendekatan normatif dan sosiologis. Subjek penelitian ini adalah seluruh pedagang yang berada di pasar Caplek. Sampel responden pada penelitian ini adalah sebanyak 30 orang dengan metode penyebaran secara simple random sampling yaitu dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut
Hasil dari penelitian ini didapat bahwa terdapat pengaruh yang positif antara penerapan etika bisnis Islam dengan sistem jual beli di Pasar Caplek Majenang dengan persamaan regresi Y: 2,713 + 0,470 X, dapat di artikan bahwa variabel etika bisnis Islam (X) berpengaruh secara signifikan terhadap sistem jual beli di pasar Caplek Majenang
Teks Lengkap:
PDFReferensi
.Alfan, M. (2011). Filsafat Etika Islam. Pustaka Setia.
Amalia, F. (2012). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Bazar Madinah Depok. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2), 1–33.
Beeku, R. I. (2004). Etika Bisnis Islam. Pustaka Pelajar.
Chaudhry, M. S. (2012). Sistem Ekonomi Islam Prinsip Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Djakfar, H. M. (2008). Etika Bisnis Islam Tataran Teoritis dan Praktis. Uin Maliki Press.
Ghozali. (2001). Analisis Multivanate dengan program SPSS. Universitas Diponogoro.
Hasan, A. (2009). Manajemen Bisnis Syariah Kaya di Dunia Terhormat di Akhirat. Pustaka Pelajar.
Jusmaliani. (2008). Bisnis Berbasis Syariah. Bumi Aksara.
Muhammad. (2004). Etika Bisnis Islami. UPP AMP YKPN.
Mujahidin, A. (2007). Ekonomi Islam. PT. Raja Grafindo.
Nawawi, H., & Hadari, M. (1995). Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press.
Nitisemitro, A. S. (1994). Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis. Ghalia Indonesia.
Purwanto. (2004). Psikologi Pendidikan. Rosda Karya.
Qardhawi, Y. (1997). Daurul Qiyam wal Akhlaq fil Iqtishadil Islam. Gema Insani Press.
Sarip, M. (2016). praktik Bisnis Indomaret dan alfamart dalam Perspektif Etika Bisnis Islam dan Peraturan Walikota Yogyakarta No 79 tahun 2010 tentang Pembatasan Usaha Waralaba Minimarket (Studi kasus di Kecamatan Danurejan Yogyakarta). In UII.
Sugiyono. (2011a). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sugiyono. (2011b). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Tim Penulis FSEI. (2008). Filsafat Ekonomi Islam. FSEI.
DOI: https://doi.org/10.57210/j-ebi.v2i1.217
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
PUBLISHED BY :
Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang
Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562
INDEXED BY :
LICENSE POLICY :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.