Implementasi Pembelajaran Kitab Targhib Wa Tarhib Pada Bab Sholat Di Kelas I’dad C1 Sebagai Upaya Meningkatkan Religiusitas Siswa (Santri Pondok Pesantren Darun Najah Karangploso Malang)

Wah Yudi, Rindi Antika Diah Rohmah

Sari


Pendidikan adalah hal penting yang harus diemban oleh semua orang. Tanpa pendidikan seseorang tidak akan bisa maju dan berkembang untuk menunaikan segala tujuan hidupnya. Dalam prosesnya pendidikan tidak selalu harus melalui lembaga formal. Lembaga informal juga bisa menjadi sebuah usaha dalam pendidikan yang terpenting didalamnya terdapat suatu tujuan yang harus tercapai pendidikan yang ada di Indonesia salah satu tujuan menanamkan sifat religius, oleh sebab itu peneliti ingin meneliti bagai mana cara menamkan serta meningkatkan sifat religius kepada peserta didik dengan melalui kitab targhib wa targhib, untuk memperoleh hasil penelitian ini dengan baik peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, sebagaimana kita ketahui kitab targhib meruapan salah satu kitab untuk menanamkan sifat religius seorang peserta didik melalui materi-yang ada dalam kitab tersebut dengan usaha tenaga pendidik dalam menanamkan isi materi yang ada dalam kitab tersebut seperti melalui praktik dan drill merupakan salah satu cara mentrasnfer ilmu kepada peserta didik sehingga benar-benar melekat dalam diri peserta didik ilimu yang ada dalam kitab targhib wa targhib sehingga meningkatkan sifat lerigius peserta didik-didik.

Kata Kunci


Kitab Targhib Wa Tarhib, Sholat, Religiusitas

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


kaidah fikih Dalam Kehidupan Sehari-Hari.pdf. (n.d.).

Al-Bayanuni, M. A. F. (2011). Fiqih Darurat.pdf (p. 31). Darul Iqra’.

Alqur’an dan Terjemah (Issue June, pp. 1–2). (2014).

Ar-Risalah Panduan Lengkap Fiqih Dan Usul Fiqih.pdf (p. 109). (2019).

Atiqotul, A. M. (2022). Ainin Atiqotul (Wali Kelas I’dad c1),Wawancara 10 April 2022.

Bunga, F. (2022). Fauziah Bunga (Santri), Wawancara 10 Agustus 2022.

E.Mulyasa. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. In Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Vol. 3, p. 75).

Imam Hafidz Zaqiyyuddin bin Abdul Qowi Al-Mundziri, T. wa T. (2016). Imam Hafidz Zaqiyyuddin bin Abdul Qowi Al-Mundziri, Targhib wa Tarhib (p. 17).

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset (p. 45). Hal.

Nashori, Fuad & Mujharam, R. (2019). Nashori, Fuad & Mujharam, R (pp. 78–82). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, (Bandung Alfabeta, 2017) (p. 231). Alfabeta.

Syaidus Suhur “ Upaya Membentuk Sikap Religiusitas Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Dasar Islam Az-Zahrah Palembang” (Skripsi, FTIK UIN Raden Fatah Palembang, Palembang, 2018). (2018). Syaidus Suhur “ Upaya Membentuk Sikap Religiusitas Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Dasar Islam Az-Zahrah Palembang” (Skripsi, FTIK UIN Raden Fatah Palembang, Palembang, 2018) (p. 23).




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v3i2.105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.