Efektifitas Model Pembelajaran Matching Card Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN 3 Jombang

Dian Kusuma Wardani, Suci Prihatiningtyas

Sari


Model pembelajaran matching card merupakan salah satu jenis dari model pembelajaran kooperatif. Bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok kecil secara kolaboratif yang anggota terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran mathing card dalam pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa di MAN 3 Jombang pada materi Zakat dan Hikmahnya. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melakukan pre-test dan post-test. Terdapat satu kelas yaitu kelas X agama 2. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen desain one group pre-test post-test yang penerapannya dengan cara memberikan perlakuan pada suatu kelompok, lalu mengobservasi hasilnya. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. . Analisis statistik yang digunakan adalah paired sample t-test. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SPSS dan menunjukkan nilai Sig (0.000) < α (0.05) yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model matching card cukup efektif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.


Kata Kunci


efektifitas, model matching card, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Hakim, Thursan. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara.

Hanafiah, Nanang & Cucu, Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.

Huda, Miftahul. (2014) . Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sudjana, Nana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sugiono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Wardani, D.K., Rawinda, R.F., & Ashoumi, H. (2021). Pengaruh Penerapan Modul Quran Hadits Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MA Islamiyah Kepung Kediri. Jurnal Dinamika : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol. 6 No. 2 Desember 2021. Dapat diakses https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1729/863 pada tanggal 4 April 2022.

Wardani, D.K., Adriansyah & Ashoumi, H. (2021). Implementation of PAI Textbook to Improving Student Achievement Grade 11 in SMAN Plandaan. Proceeding Multidiscipline International Conference 2021. Page 155-160 E-ISSN : 2809-6142 dapat diakses https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/ICMT/article/view/2218 pada tanggal 3 April 2022.




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v3i01.112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.