Analisis Strategi Dan Metode Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengajarkan Movement Againts Radicalism Values (Sebuah studi kasus pada Peserta didik MTs Bahrul Ulum Tambakberas)

Wah Yudi, Moh Khofif Luthfi Rohman

Sari


Penelitian ini berangkat dari fenomena paham radikalisme yang terjadi di masyarakat, khususnya pada dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, startegi guru dalam upaya mengajarkan nilai-nilai gerakan melawan radikalisme yaitu: 1) Menanamkan Konsep Akidah Akhlaq/ketauhidan, 2) Mengajarkan tentang ke-Aswajaan Amaliyah An-Nahdliyah 3) Berpegang Teguh Pada Al-Qur’an dan Hadis, 4) Memilih Teman Dalam Pergaulan. Kedua, metode yang paling efektif dalam upaya mengajarkan nilai-nilai gerakan melawan radikalisme, yaitu: 1) Melalui Program pembiasaan Kegiatan Keagamaan 2)  Melalui program Peringatan Hari Besar Islam 3) Melalui program peringatan Hari Besar Nasional seperti ketiga, adalah faktor pendukung dan penghambat yaitu 1) penyalahgunaan teknologi informatika (IT) yang sering disalah gunakan oleh siswa, 2) kurangnya dukungan orang tua terhadap kebijakan sekolah. 3) kurangnya kerjasama antar sesama guru kepada peserta didik terkait pemahaman radikalisme. 4) kurangnya partisipasi orang tua dalam memberikan pemahaman akan bahaya radikalisme saat mereka di rumah. 5) Kedispilinan siswa yang kurang stabil dari kurang kerja samanya antara pihak pengurus pesantren dengan pihak pengurus sekolah.

Kata Kunci: Strategi, Metode, Guru PAI, Gerakan, Melawan,Radikalisme

 


Kata Kunci


Method, PAI Teacher, Movement, Againts, Radicalism

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


‘Alqur’an Dan Terjemah’, 2014, p. 51

‘Hannani’ (Surabaya: Cendikiawan, 2019), p. 16

‘Hasani Ahmad Said & Fathurrahman Rauf’, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015), p. 606

Masduqi, Irwan, ‘Deradikalisasi Pendidikan Islam Berbasis Khazanah Pesantren’, Jurnal Pendidikan Islam, 2.1 (2013), 1–20

‘Mohammad Qomarullah’ (Jurnal Studi Keislaman)

Moleong, Lexy J, ‘Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset’ (Hal, 2009), p. 45

‘Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam’ (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004), p. 313

‘Noermala Sary, “Mencegah Paham Radikalisme Di Sekolah ” 2, No’

Sugiyono, ‘Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung Alfabeta, 2017)’ (Bandung: Alfabeta, 2017), p. 231

‘Syahril,Dkk, Literasi Paham Radikalime Di Indonesia’ (Bengkulu: CV.Zigie Utama, 2020), p. 3

Syamsu Yusuf L, N, Dkk, ‘Syamsu Yusuf LN.’ (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012), p. 139

Tafsir, Ahmad, ‘Ahmad Tafsir’, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017), p. 80

Umro, Jakaria, ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Agama Di Sekolah’, JIE (Journal of Islamic Education), 2.1 (2018)

UU Nomor 20 Tahun 2003, ‘Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003, 6




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v3i01.160

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.