Pengaruh Penerapan Buku Ajar Ushul Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa ( Studi Kasus Kelas XI MAUWH Jombang )

Dian Kusuma Wardani, Tisa Setiyo Putri

Sari


Pendidikan sangat penting untuk setiap individu. Dalam pendidikan terdapat proses belajar yang berbeda-beda dalam setiap pembelajarannya. Pada penelitian ini, peneliti mengambil model pembelajaran buku ajar, dimana siswa belajar menggunakan buku ajar sebagai buku pedoman dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan motede penerapan buku ajar. Populasi pada penelitian ini mengambil satu kelas yaitu kelas XI Agama Putri yang terdiri dari 21 siswi. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Tes yang diberikan yaitu pretest dan posttest. Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji t berpasangan. Di dapat hasil nilai rata-rata pretest sebesar 63,33 dan nilai rata-rata hasil dari posttest sebesar 83,81. Terjadi kenaikan nilai rata-rata pada hasil belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan buku ajar dapat meningkatkan pemahaman siswa. Sedangkan hasil pengujian menggunakan uji t berpasangan mendapatkan nilai signifikan sebesar 0,00<0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan buku ajar ushul fiqih terhadap hasil belajar siswa.


Kata Kunci


Buku Ajar, Hasil Belajar, Pretest, Posttest, Uji t berpasangan

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Nasution, M.K (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Jurnal ilmiah bidang pendidikan. Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Dapat diakses https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/artikel/view/515 pada tanggal 25 juni 2022 pukul 12.18

Santoso S.I. 1987. Psikologi Pendidikan. Jakarta :Universitas Indonesia Press. Diakses tanggal 5 februari 2021 pukul 11.01

Wardani, D.K, Rawinda,F.R.,& Ashoumi, H. (2021). Pengaruh Penerapan Modul Qur’an Hadist Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ma Islamiyah Kapung Kediri. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(2),1-12. Universitas K. H. Abdul Wahab Hasbullah, Jombang. dapat diakses https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/yiew/1729 pada tanggal 9 Februari 2021 pukul 11.24

Wardani, D.K, Prihatiningtyas, S.,Kholishun,A..,& Mabruro, F.D (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Matching Card Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN 3 Jombang, Jurnal QALAM: Pendidikan Islam Vol 03, No 01 (2002). Universitas K.H. Abdul Wahab Hasbullah, Jombang. dapat diakses https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/article/view/112 pada tanggal 5 Juli 2022 pukul 10.42

Wardani, D.K, Hakimah, V.K., & Ashoumi, H. (2021). The Use of Aqidah Akhlak Textbook to Inccrease Learning Outcome. Jurnal SCHOOLAR: Social and Literature Study in Education. Universitas K.H . Abdul. Wahab Hasbullah, Jombang. dapat diakses https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/jurnal_pengabdian/articel/view/1277 pada tanggal 5 Juli 2022 pukul 10.46




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v3i2.163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.