Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa New Normal pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang

Nindy Khoirin Nisa, Emi Lilawati

Sari


Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang merupakan salah satu lembaga pendidikan di pesantren Bahrul Ulum yang proses pembelajarannya juga terdampak oleh pandemi Covid-19. Di masa new normal seluruh sektor pendidikan sudah memulai kegiatan belajar mengajar melalui pembelajaran daring. Berangkat dari permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi, kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih, dan dampak yang dirasakan dalam pembelajaran daring di masa new normal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran Fiqih, dan peserta didik Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang. Objek penelitian ini berupa implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih. Teknik pengambilan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran daring di masa new normal pada mata pelajaran Fiqih dilakukan dengan menggunakan media E-learning dan Whatsaap. Guru memberikan tugas ataupun materi Fiqih diharapkan peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Kendala adanya pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih yaitu ketidak leluasaan pendidik menyampaikan tugas dan keterbatasan atau susahnya mendapat jaringan yang stabil. 3) Dampak adanya pembelajaran daring dalam situasi masa new normal pendidik menjadi lebih kreatif dalam penyampaian materi, sedangkan dari sisi minus atau negatifnya ialah anggaran biaya kuota internet meningkat dan peserta didik mudah merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci


Pembelajaran Daring; New Normal; Fiqih

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka Bumi: CV Jejak.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1), 56.

Firmansyah, Yudi dan Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengolahan Sekolah dan Peserta Didik. Jurnal Buana Ilmu. 2 (4), 102.

Furchan, Arif. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Iryana dan Risky Kawasati. Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri. Sorong.

Jayul, Achmad dan Edi Irwanto. (2020). Model Pembelajaran daring sebagai alternative proses kegiatanbelajarpendidikanjasmani di tengah pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. 2 (6), 191.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, Nuning Indah. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. 1 (2), 211.

Ramadhan, Rizky., Uwes Anis Chaeruman., Cecep Kustandi. (2018). Pengembangan Pembelajaran Bauran (Blended Learning) di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif UNJ. 1 (1), 37–48.

Supriyatna, Eman. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid-19 dalam Pandangan Islam, Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 7 (6), 557.




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v3i2.183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.