STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA AL QUR’AN
Sari
Pembelajaran ilmu tajwid dan ketrampilan membaca merupakan serangkaian yang di ajarkan dalam kegiatan Ta’lim al-Qur’an bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwidnya. Terutama santri karena santri merupakan cerminan oleh masyarakat yang biasanya setelah santri sudah boyong atau lulus dari pondoknya di jadikan guru ngaji terutama ngaji al-Qur’an oleh sebab itu maka di pondok merupakan tempat belajar Ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan untuk meningkatkan ilmu tajwid, untuk mengetahui kualitas keterampilan membaca al-Qur’an, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran ilmu tajwid. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu, misalnya situasi dan kondisi dengan hubungan yang ada, pendapat-pendapat yang berkembang, akibat atau akibat yang terjadi dan sebagainya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan antar personal, artinya selama proses penelitian peneliti akan lebih mengadakan kontak atau berhubungan langsung dengan orang-orang sekitar lokasi penelitian. Dengan demikian peneliti diharapkan dapat mencari dengan leluasa informasi dan mendapatakan data lebih terperinci yang diperlukan untuk kepentingan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pembelajaran ilmu tajwid di Pondok Pesantren Putri Al Lathifiyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Menggunakan metode kitab Yanbu’a, Menggunakan metode bervariasi, Tahsin Al-Qur’an untuk meningkatkan anak membaca al-qur’an sesuai dengan ilmu tajwid.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Birri, Maftuh Basthul. Muqodddima Jazariyah :Tajwidul Jazariyah. Kediri: Madrasah murottilil Qur-anil karim, 2014.
Dewi, Erlita Novia. “Strategi Guru Ngaji Dalam Mengtasi Kesulitan Memahami Ilmu Tajwid Pada Anak Usia Sekolah Di TPA Santren Nurul Iman Bunkelok.” Universitas Islam Negeri Mataram, 2020.
J.R.Raco. Metode Penelitian Kualitatif Jenis,Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo, 2010.
Jamaruddin, Muhammad Yasir Ade. Studi Al-Qur’an. Riau: Asa Riau, 2016.
Nur Anita, Waslah, Khoirun Nisa. “Strategi Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kalijaring Jombang.” Journal of Education and Management Studies 3, no. 2 (2020): 13–18.
Rusandi, and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2, no. 1 (2021): 48–60.
Suharsimi Arikunto (2010),Prosedur Penelitian(suatu Pendekatan Praktik),Jakarta:Rineka Cipta,2010.
DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v4i01.240
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
PUBLISHED BY :
Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang
Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562
INDEXED BY :
LICENSE POLICY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.