PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGHAFAL AL – QUR’AN MELALUI METODE TABARAK DI RUMAH TAHFIDZ BALITA DAN ANAK “AIDA” PLOSO MOJO KEDIRI
Sari
Setiap muslim sebenarnya mampu menghafal al-Qur’an yang dimulai dari surat pendek yang ada di Al-Qur’an seperti juz 30 (juz ‘Amma). Metode tabarak adalah metode yang baru cara menghafalkan Al-Qur’an dengan memanfaatkan panca indera yang dimiliki seperti pendengaran dan penglihatan. Metode ini pernah teruji sukses dalam membantu anak usia dini hingga orang dewasa agar menambah dan menguatkan hafalannya dalam waktu yang lama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan secara umum, kegiatan program pendidikan Rumah Tahfidz “AIDA” dimulai sebelum sholat asar atau sekitar jam 14.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan sholar berjamaah. Setelah itu membaca doa, asmaul husna dan hadits yang diulang-ulang agar anak bisa hafal. Pengulangan itu bisa dilakukan sampai 20 kali agar doa tersebut benar-benar dihafalkan anak. Setelah itu dilanjutkan dengan menulis arab dengan tingkat dasar seperti di level Iqra’. Program pembelajaran menghafalkan Al-Qur’an dengan metode tabarak berjalan dengan efektif jika ada peran dari pengawasan orang tua di rumah. Orangtua juga turut serta dalam mengambil peran untuk memonitoring dan menuntun hafalan anak. Dampaknya program pendidikan Rumah Tahfidz “AIDA” bisa berjalan secara efektif dan dapat mencapai tujuan seperti yang telah direncanakan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261
Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/potensia.v1i2.3187
Bustomi, A., & Laeli, S. (2021). Pembinaan Program Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Potensi Menghafal Al-Qur’an Anak-Anak di Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i2.4346
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Amzah.
Etivali, A. U. A. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.58836/jpma.v10i2.6414
Hakim, F., & Permatasari, Y. D. (2020). Tren: Pendidikan Tahfidz Qur’an Pada Anak Di Rumah Qur’an Ar-Roudhoh Rowotengah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/au.v2i2.375
Herma, T., Kusyairy, U., & T, M. R. (2020). Analisis Penerapan Metode Tabarak Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita Dan Anak Makassar. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 37. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14332
Hikmat, R., & Rosidin, D. N. (n.d.). Menanamkan Pendidikan Agama Dalam Menghafal Al-Qur’an Untuk Anak Sebagai Jembatan Orang Tua Menuju Surga | Hikmat | Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Retrieved June 8, 2023, from https://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/6219
Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas Program Tahfidz Al-Quran Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689
Jannah, R. (2017). Efektivitas Metode Tabarak Dalam Menghafal Al-Qur’an Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Sdit Yayasan Huda Wan Nur. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), Article 2.
Kaputra, S., Engkizar, E., Akyuni, Q., Rahawarin, Y., & Safarudin, R. (2021). DAMPAK PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KEBIASAAN RELIGIUS ANAK DALAM KELUARGA JAMA’AH TABLIGH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.9979
Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188–198. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.15
Mujahidah, M., Sunanik, S., & Hidayati, N. I. (2022). Penerapan Metode Tabarak dalam Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i1.4896
Muslim, M., Mulyanto, M., & Tahyudin, D. (2020). Peran Ustadzah Dalam Proses Bimbingan Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Griya Qur’an Al-Madani Kota Palembang. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31604/jips.v7i2.2020.246-260
Muthaharah, F. I. (2021). IMPLEMENTASI METODE TABARAK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN BAGI ANAK. Journal Islamic Studies, 1(1), 74. https://doi.org/10.32478/jis.v1i1.781
Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). PERAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.39-46
Sheila Mudina, Miftahirrizqa, & Risnawati. (2022). Analisis Penggunaan Metode Tabarak Dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Di Markaz Tahfidz Balita Raudhatu Tilawatil Qur’an Dumai. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(2), 100–111. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i2.34723
Sugiono, T. (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfa Beta, Bandung.
Zhafira, V. U. (2020). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Minat Anak Dalam Menghafal Al-Qur’an diRumah Tahfizh Nurul Qur’an At-Taqwa Kota Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.76
DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v4i2.246
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
PUBLISHED BY :
Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang
Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562
INDEXED BY :
LICENSE POLICY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.