Pengembangan Buku Ajar Hadits Berbasis Mind Maping Di Madrasah aliyah

Fatchul Yaqin

Sari


Buku ajar menjadi peran yang penting dalam proses pembelajaran di suatu lembaga pendidikan guna mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, buku ajar harus disusun secara sistematis dan ilmiah dengan memperhatikan landasan-landasan dalam penyusunan bukua ajar, yaitu: psikologis, kurikulum, dan keilmuan. Buku ajar diharuskan mampu membangkitkan semangat, minat dan motivasi siswa untuk mempelajari materi yang disajikan dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Sedangkan model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk menghasilkan Buku Ajar Hadits Berbasis Teori Mind Mapping Untuk Kelas X  Di MA Terpadu Al Munawaroh Diwek Jombang, 2. Untuk mengetahui tingkat kelayakan terhadap Buku Ajar Hadits  Berbasis Teori Mind Mapping Untuk Kelas X  Di MA Terpadu Al Munawaroh Diwek Jombang. Penelitian ini dilakukan di MA Terpadu Al Munawaroh yang beralamat di dusun Ngemplak Desa Ngudirejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Buku ajar yang digunakan sebelum penelitian ini adalah kitab Taisir Mustholah Hadits dengan metode pengajaran tradisional ala pesantren salaf yaitu “bandongan”. Dalam teori Mind Mapping menunjukan bahwa penggunaan metode ini akan memberikan pengalaman symbolic bagi peserta didik. Hasil penelitian ini adalah buku ajar Hadits untuk kelas X di MA Terpadu Al Munawaroh yang telah memperoleh tingkat validitas sebesar 82,9% yang masuk dalam kualifikasi valid/tanpa revisi.

Kata kunci: buku ajar, hadits, mind mapping


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v4i2.247

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.