A MODEL FOR THE PREPARATION AND DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS FOR TEACHERS
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Annafi, N., & Agustina, S. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMPERSIAPKAN CALON PENDIDIK YANG BERBUDAYA. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/quantum.v9i1.4854
Askodrina, H. (2021). PENGUATAN KECERDASAAN PERSPEKTIF BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52
Astini, N. K. S. (2022). TANTANGAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA ERA NEW NORMAL COVID-19 DAN ERA SOCIETY 5.0. Lampuhyang, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Basri, H., Kurnadi, B., Syarifuddin, Tafriliyanto, C. F., & Nugroho, P. B. (2021). INVESTIGASI KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1318
Daniah, D. (2016). KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3356
Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2308
Fitriyani, F. N. (2016). REKONSTRUKSI EKOSISTEM PENDIDIKAN INDONESIA YANG IDEAL. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 5(1). https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i1.966
Hafid, & Mahsun. (2020). Konsep Merdeka Belajar dan Pentingnya Kemampuan Memetakan Dunia Kerja. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v3i2.68
Hr, S. H., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), Article 2.
Idhartono, A. R. (2022). LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI ANAK. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150
Khan, Y. (2010). Pendidikan karakter berbasis potensi diri. Pelangi Publishing.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679
Mawardi, M. (2019). OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 20(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2016). Model Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Kontemporer: Di Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi. UIN Maliki Press.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Nasution, A. G. J. (2020). DISKURSUS MERDEKA BELAJAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN HUMANISME. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/ihya.v6i1.7921
Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). PELATIHAN PENYUSUNAN RPP MODEL 1 LEMBAR VERSI MENTERI NADIEM BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24269/adi.v5i1.2674
Nikat, R. F. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI CALON GURU FISIKA MELALUI ONLINE FORMATIVE ASSESSMENT. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8739
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Nona, R. V., Banda, F. L., Leha, E., Supardi, P. N., Meke, K. D. P., & Suryani, L. (2022). Persepsi Dosen Universitas Flores Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdek. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1976
Nuraini, L. (2019). INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), Article 02. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Purnamawati, P., & Jaya, H. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MELALUI PENDEKATAN CSCL (COMPUTER SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING) PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.26858/mekom.v3i2.2609
Rahmawanti, M. R., & Nurzaelani, M. M. (2022). Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6218
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780
Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318
Sapariah, I. (2021). MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESIVISME [Universitas Gadjah Mada]. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/205065
Sitorus, E. H. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWADI SMP NEGERI 6 MEDAN. INSPIRATIF : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i1.13520
Soehadha, Moh. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif untuk Studi Agama. SUKA Press.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Syifaqurrohman, M. (2019). PENDIDIKAN AKHLAK BERWAWASAN INTEGRATIF INKLUSIF. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 8(2), 257–271. https://doi.org/10.24090/jimrf.v8i2.6828
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved July 2, 2023, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Yasin, S. (2017). STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 6(1), 124–140. https://doi.org/10.24090/jimrf.v6i1.2748
DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v5i1.251
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
PUBLISHED BY :
Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang
Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562
INDEXED BY :
LICENSE POLICY :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.