INTERPRETASI HERMENEUTIKA PEMBEBASAN HASAN HANAFI DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Sari
Kajian ini berusaha menginterpretasi hermenutika Hasan Hanafi dan implikasinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Tokoh Hasan Hanafi sebagai pemikir yang sangat tanggap terhadap tradisi intelektual dan keadaan umat Islam. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa hermeneutika pembebasan Hasan Hanafi mampu untuk meningkatkan kemajuan pendidikan Islam di Indonesia. Dengan corak yang mengakumulasikan pemikiran fenomenologis dan memperhatikan urgensi historisitas. Pemikiran yang senantiasa melahirkan upaya guna menciptakan kembali adat istiadat lama dalam rangka menjawab berbagai persoalan terkini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Uhbiyati. Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia, 2012
KEMENAG,. AL-QUR'AN DAN TERJEMAHAN. Jakarta. 2019
Al Qur’an & Terjemah. Menara Kudus
Badruzaman, Abad. Kiri Islam Hassan Hanafi : Menggugat Kemapanan
Agama dan Politik. Yogyakarta : Tiara Wacana, 2005.
Misrawi, Zuhairi. Doktrin Islam Progresif. Jakarta: LSIP, 2005
Mulyono dkk, Egi Mulyono, dkk. Belajar Hermeneutika: Dari Konfigurasi Filosofis menuju Praksis Islamic Studies. Yogyakarta: IRCiSoD, 2013
Yusuf, Yunan. “Karakteristik Tafsir Al-Qur’an di Indonesia Abad ke-20”, dalam Jurnal Ulumul Qur’an, no. 4 Jakarta: Aksara Buana, 1992
Ikhwan. Nur. “Al-Qur`an Sebagai Teks Hermeneutika Abu Zaid” dalam Abd Mustaqim (ed), Studi Al-Qur`an Kontemporer. Yogya; Tiara Wacana, 2002
Palmer, Richard E. Hermeneutics: Interpretation in Schleiemacher, Dithley, Heidegger and Gadamer (Evanston: Northwesten University Press, 1969), 34.
Bleicher, Josef. Contemporary Hermeneutics (London; Routlege & Kegan Paul, 1980
Pespoprodjo,W. Interpretasi (Bandung: Remaja Karya. 1987)
Bertens, K. Filsafat Barat Abad XX (Jakarta; Gramedia, 1981)
Hidayat. Komaruddin. Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermeneutik (Jakarta: