STUDI KORELASI KEMAMPUAN BAHASA ARAB DAN PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGUASAI MATERI HADITS SISWA KELAS XII MAN 1 JAKARTA

Sarno Hanipudin

Sari


This research has the background of the idea that Arabic is a universal language, including in the context of Islam. Because in Islam, almost half of the sources of history, law and other Islamic sciences are in Arabic. This is no exception to the Hadith, which is one of the sources of Islamic law as well as a way of knowing the history of the prophet Muhammad SAW. In the context of Islamic education, Arabic language proficiency is the minimum standard that must be mastered by students, because it will be difficult if a student does not master Arabic. This study aims to determine whether there is a relationship between Arabic Language Ability and the Learning Process of Students' Ability to Master the Hadith Material of case study grade 3 students at Madrasah Aliyah Negeri 1 Jalan Rawa Bahagia 1/28 West Jakarta. Keywords: Arabic, Hadith Lesson, MAN 1 Jakarta

Kata Kunci


Arabic, Hadith Lesson, MAN 1 Jakarta

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sahertian, Piet A. & Frans. Mataheru. 1998. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya:

Usaha Nasional.

Idi, Abdullah. & Suharto. Toto. 2006. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Arcaro. Jerome S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharuddin dan Wahyuni. Nur. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Dalyono. M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Perak Cipta.

Danim. Sudarwan. 2006. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjat. Zakiah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dhofier. Zamakhsyari. 1994. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta:

LP3ES.

Djamarah. Syaiful Bahri dan Zain. Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka

Cipta.

Edward. Sallis. 2011. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarat: IRCiSoD.

Fahrurrozi. Aziz dan Mahyuddin. Erta. 2000. Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania

Publishing.

Hamalik. Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

HANIPUDIN, Sarno. Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan : Journal of Islam

and Muslim Society, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 39-53, oct. 2019. ISSN 2715-0119. Available at:

. Date accessed: 03 nov. 2020.

doi: https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.2037.

Hanipudin, Sarno. 2020. Konsepsi Guru Modern Dalam Pendidikan Islam. Dalam Jurnal AlMunqidz: Jurnal Kajian dan Keislaman. Vol 8 (No.3) 2020.

https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/amk/article/view/265 Hanipudin, Sarno. 2014. Transformasi Dialektika Segitiga: Posisi Dan Peran Dalam Kajian

Integrasi Agama, Sains, Dan Teknologi. Dalam Jurnal Insania Vol 19 No 2 (2014).

http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/718

Hanipudin, Sarno. 2013. Gagasan Dan Manifestasi Modernisasi Pesantren A.S Panji Gumilang Di

Ma’had Al-Zaytun. Dalam Jurnal Insania VOL 18 NO 2 (2013)

http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1459

Hanipudin, Sarno. Pemikiran Pendidikan Pluralisme KH. Abdurrahman Wahid. Dalam Jurnal

Insania VOL 22 NO 1 (2017)

http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1173

Hermawan. Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosdakarya.

Iskandarwassid dan Sunendar. Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:

Rosdakarya.

J. Hasnimar. 2004. Laporan Penelitian Pendidikan Tahun 2004. MAN 1 Jakarta.

Maksum. Ali & Ruhendi. Luluk Yunan. 2004. Paadigma Pendidikan Universal di Era Modern dan

Post-Modern, Mencari “Visi Baru” atas “Realitas Baru” Pendidikan Kita. Yogyakarta:

IRCiSoD.

Manfred Ziemek. Manfred. 1984. Pesantren dalam Perubahan Sosial. Jakarta: P3M.

Mudyahardjo. Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution. 1994. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata. Abudin. 2005. Pendidikan Dalam Perspektif al Qur’an. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Purwanto. Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.

Rosyadi. Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stewart. M. Dorothy. 1987. Keterampilan Manajemen. Terj. Jakarta: Elex Media Komputendo.

Sudjana. 2003. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Suryabrata. Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Syafarudin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Station. Charles Michael. 1994. Pendidikan Tinggi dalam Islam. Jakarta: Logos Publishing.




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v1i2.35

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.