IMPLEMENTASI KONSEP PENGEMBANGAN MUTU PADA PEMBELAJARAN DINIYAH

Sintiyani Sintiyani, Sunhaji Sunhaji

Sari


The issue of Full Day School is considered a threat to the existence of diniyah education. In fact, religious learning in schools has not been able to meet the needs of students. Responding to the this issue, diniyah education institutions must be able to improve the quality of their learning. This paper describes the main concepts of diniyah learning and how to implement the concept of quality development in diniyah learning. The result show that diniyah learning is a process where learning interactions are illahiyah and basyariyah between students, educators and learning environment. The development of the quality of diniyah learning can be carried out with the concept of development of school learning which is implemented based on Islamic guidance and still adheres to the characteristics of diniyah education. Balanced collaboration between the application of the thought of educational figures with the unique concept of diniyah education will result in better quality learning.


Kata Kunci


Quality Development, Learning, Diniyah Education

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


UU No 20 Th 2003 tentang Sistem Nasional Pendidikan

Rencana Strategik Kementrian Agama Pendidikan Islam tahun 2015-2019.

Amtu, Onisimus. 2011. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Andi.

Dian dan Anisa Wahyuni. 2019. “Manajemen Mutu dalam Prespektif Islam” dalam Jurnal Idaarah. Vol. 3. No. 2. Edisi Desember.

Hanipudin, Sarno. " Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa." Matan : Journal of Islam and Muslim Society [Online], 1.1 (2019): 39-53. Web. 8 Dec. 2020

Hanipudin, Sarno. 2014. Transformasi Dialektika Segitiga: Posisi Dan Peran Dalam Kajian Integrasi Agama, Sains, Dan Teknologi. Dalam Jurnal Insania Vol 19 No 2 (2014).

http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/718

Hanipudin, Sarno. 2020. Konsepsi Guru Modern Dalam Pendidikan Islam. Dalam Jurnal Al- Munqidz: Jurnal Kajian dan Keislaman. Vol 8 (No.3) 2020.

https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/amk/article/view/265

Hanipudin, Sarno. 2013. Gagasan Dan Manifestasi Modernisasi Pesantren A.S Panji Gumilang Di Ma’had Al-Zaytun. Dalam Jurnal Insania VOL 18 NO 2 (2013)

http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1459

Ismail, Feiby. 2018. “Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan” dalam Jurnal Iqra’. Vol. 10. No. 2.

Koswara, Deni. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kristiawan, Muhammad, dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muflihin, Muh. Hizbul. 2017. Administrasi Maanajemen Pendidikan. Klaten: Gema Nusa.

Nuryanto, Uli Wildan. 2018. “Human Capital Sebagai Pilar Esensial dalam Implementasi Quality Management System (QMS) ISO 9001:2015 Pada Indrustri Kimia Sebagai Peningkat Daya Saing Dilihat dari Prespektif Teoritis” dalam Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 1. No. 2. Edisi September.

Pramana, Ida Bagus Benny Surya Adi. 2020. Tradisi Spiritual di Pasraman Seruling Dewata Kabupaten Tabanan Provinsi Bali. Bali: Nilacakra.

Roqib, Moh. 2016. Filsafat Pendidikan Profetik: Pendidikan Islam Integratif dalam Prespektif Kenabian Muhammad. Banyumas: Pesma An-Najah Press.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management in Education Terj. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Yogyakarta: IRICisSoD.

Setyowati, Nanik. 2014. “Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Konsep Etika Pendidikan dan Peserta Didik: Telaah Kitab Adab Al-alim wa Al-muta’alim” dalam Jurnal Al-Adabiyah. Vol. 9. No. 1.

Sikumbang, Delvi Susanti, dkk. “Artikel INA-Rxiiv: Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” dipublikasikan 22 Juni 2019 diakses pada tanggal 1 Agustus 2020 pukul 15.30 pada https://osf.io/preprints/inarxiv/38dn/.

Tajuddin Nu’man bin Ibrahim bin Al-Khalil Zarnuji, Ta’lim al-Muta’alim Tariqat at-Ta’allum Terj. M. Fathu Lillah, (Kediri: Santri Salaf Press, 2015), hal. 5.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yahya, Fata Asyrofi. 2015. “Problem Manajemen Pesantren, Sekolah, Madrasah: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output” dalam Jurnal El-Tarbawi. Vol. 8. No. 1.

Yanti, Fitri April, dkk. 2019. Teori dan Aplikasi Model Cooperative Research Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Gre Publishing.




DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v1i2.47

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.