PENGEMBANGAN KOMIK KETELADANAN KH. A. WAHAB HASBULLAH UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA BAHASA ARAB

wahyu nurhidayah

Sari


Permasalahan yang terjadi di lapangan belum adanya media inovatif pada pelajaran Bahasa Arab khususnya dalam penguasaan kosakata pada kelas Vlll di Madrasah Tsanawiyah. Selain itu, kurangnya minat siswa pada pembelajaran Bahasa Arab dikarenakan pembelajaran kurang menarik hanya memanfaatkan buku ajar tanpa adanya media. Permasalahan tersebut mendasari dilakukannya pengembangan media Komik Arab - Indonesia. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan media Komik dan mengetahui kemenarikannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan diantaranya : Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi hasil uji coba, uji lapangan produk utama, revisi produk, uji coba lapangan skala luas/uji kelayakan, revisi produk akhir, desiminasi dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Komik dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab memiliki tingkat validitas yang baik dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dan bahasa 88%, hasil validasi ahli desain 87%, Uji Perorangan 100%, Uji kelompok kecil 97,5%  Uji operasional 93,3% dan tingkat keefektivan komik arab- Indonesia sangat efektiv dilihat dari perbandingan nilai pre-test mencapai rata-rata 56,33% dan nilai pos-test mencapai rata-rata 88,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Komik memiliki tingkat validitas dan daya tarik yang tinggi.


Kata Kunci


Pengembangan Media, Komik Arab-Indonesia, Pembelajaran Kosakata.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.57210/qlm.v4i2.245

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

PUBLISHED BY :

Rumah Jurnal STAI Sufyan Tsauri Majenang

Jl. KH. Sufyan Tsauri Majenang 53257 Cilacap
» Tel / fax : (0280) 623562

    

INDEXED BY :

LICENSE POLICY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.